
Desa bonto lojong adalah salah satu penghasil tanaman holtikultura dan daerah agrowisata yang memiliki pemandangan alam yang indah tapi kurang di dukung dengan strategi bisnis yang baik . oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman terkait strategi bisnis yang baik mahasiswa KKN ITB. Nobel Indonesia desa Bonto lojong mengadakan seminar dan pelatihan kewirausahaan dengan tema “ STRATEGI BISNIS HOLTIKULTURA DAN PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL” dan yang di dapuk sebagai pemateri adalah Dr. Indrawan Azis , SE.,M.Ak yang memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya strategi bisnis yang baik dapat meningkatkan Kesejahteraan dan perekonomian berkelanjutan masyarakat Desa Bonto Lojong
Strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan visibilitas produk hortikultura. Menggunakan media sosial dan promosi dapat menarik lebih banyak pengunjung ke agrowisata seperti : Strategi Branding,promosi digital ,medsos, pameran dan festival. Selain seminar kewirausahaan mahasiswa KKN desa Bonto Lojong dengan di dampingi dosen pembimbing KKN yaitu Nur Rachma, SE.,MM juga melaksanakan pelatihan kewirausahaan yaitu membuat produk bawang goreng renyah dan steak kentang dengan memanfaatkan tanaman holtikultura masyarakat desa Bonto Lojong . Selain acara seminar dan pelatihan kewirausahaan mahasiswa melakukan penyerahan NIB bagi masyarakat yang memiliki UMKM. Setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat diharapkan mampu memilih strategi yang tepat untuk keberlanjutan usaha mereka.